5 Tanda Ban yang Harus Diganti ke Bengkel Suzuki

62 views

Ban motor merupakan bagian yang akan menumpu beban sehingga ketahanan ban akan menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. Anda bisa menanyakan tentang kondisi ban sudah harus diganti atau belum saat melakukan service Suzuki. Anda juga bisa melihat tanda-tanda dari ban yang sudah tidak bagus lagi sebelum membawanya ke bengkel.

  • Ban Bergoyang

Ban akan bergoyang ketika Anda menggunakannya terutama saat melewati jalan yang jelek. Ban terasa berbelok-belok sehingga membuat Anda tidak nyaman saat mengendarai motor. Ban terasa seperti kekurangan angin setiap kali berjalan. Jika Anda merasakan hal ini maka sudah menjadi tanda bahwa ban harus segera diganti.

  • Berdasarkan Waktu Pemakaian

Setiap barang yang ada di motor memiliki jangka pemakaian termasuk ban motor. Anda bisa melakukan penggantian ban jika sudah menempuh jarak normal 12.000 km untuk bagian ban depan dan 10.000 untuk bagian ban belakang. Cara ini lebih gampang Anda terapkan dengan mencatat jumlah kilometer motor setiap melakukan pembelian ban motor.

  • Bagian Alur di Ban Menipis

Anda bisa melihat tanda ban yang harus diganti pada bagian alur kembang yang ada pada bagian permukaan ban. Kondisi dari alur kembang yang telah memburuk dikenal dengan sebutan ban botak yang berarti alur kembang sudah tidak lagi terlihat.

Fungsi dari alur kembang pada ban motor adalah bagian yang akan membuat pergerakan motor Anda tidak licin. Adanya alur kembang membuat Anda tidak mudah terjatuh saat melewati jalan yang licin seperti saat hujan di jalan aspal.

  • Ban Motor Sejajar dengan TWI

TWI merupakan sebuah tanda segitiga yang ada pada bagian samping ban motor Anda. Tanda ini lah yang menjadi ciri bahwa ban motor tersebut telah lolos uji dan memiliki sertifikasi SNI. Jika permukaan motor Anda telah sejajar dengan tanda TWI ini berarti sudah saatnya Anda untuk melakukan penggantian ban.

Anda sebaiknya melakukan penggantian ke bengkel resmi suzuki agar mendapatkan ban yang berkualitas dan memiliki tanda TWI. Pembelian di bengkel Suzuki resmi akan memberikan Anda garansi sesuai yang tertera pada produk. Jangan tunda penggantian ban karena dapat membahayakan keselamatan Anda saat mengendarainya.

  • Permukaan Ban Bergelombang

Tanda selanjutnya yang bisa Anda lihat adalah adanya gelombang di permukaan ban. Biasanya sering terlihat seperti benjolan. Ini terjadi pada ban yang telah botak namun tetap saja digunakan akhirnya ban akan membentuk gelombang di permukaannya.

Jika Anda tidak melakukan penggantian ke bengkel suzuki terdekat, maka Anda akan berisiko mendapatkan ban pecah. Prediksi ban pecah ini tidak bisa di duga kapan waktunya tergantung dari perjalanan Anda. Jika melewati jalan yang rusak atau tidak diaspal akan lebih berisiko.

Anda perlu membawa motor untuk melakukan service secara rutin sehingga bisa mengetahui apa saja komponen motor yang harus diganti. Biaya service tidak semahal jika Anda mengalami kerusakan komponen motor yang sudah tidak bisa lagi diatasi dengan service. Selain itu, jaga juga kebersihan motor Anda agar tidak menimbulkan karat pada bagian mesin motor.

 

Tags: #Bengkel Resmi Suzuki #Service Motor Suzuki

Leave a reply "5 Tanda Ban yang Harus Diganti ke Bengkel Suzuki"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    author